Imigrasi Ketapang Gelar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Kepada Perusahaan di Ketapang

Ketapang – Rabu (13/12) Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing atau yang disingkat APOA untuk wilayah Kabupaten Ketapang. Kegiatan sosialisasi APOA ini dilaksanakan di Ruang Pawan 4 Hotel Aston Ketapang Jl. R. Suprapto No. 68 Kec. Delta Pawan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari perusahaan, yayasan, organisasi, instansi dan penginapan/hotel/mess di wilayah Kabupaten Ketapang yang mempekerjakan dan memberikan fasilitas penginapan kepada orang asing.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang, Darmunansyah, yang mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap lalu lintas orang asing perlu adanya dukungan dan partisipasi dari pihak penyelenggara dalam hal ini pemilik/pengurus hotel/mess perusahaan/penginapan lainnya/perorangan yang memberikan tempat tinggal kepada orang asing tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Kalbar, Achmad Samadan, sekaligus membuka Kegiatan Sosialisasi APOA ini. Achmad Samadan menyampaikan bahwa peran serta aktif dari pada pihak hotel/mess perusahaan/penginapan lainnya/perorangan sangatlah dibutuhkan oleh pihak imigrasi dalam rangka memudahkan bagi pihak imigrasi dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada disuatu wilayah. “Aplikasi Pelaporan Orang Asing atau yang dikenal juga dengan APOA adalah perwujudan dari apa yang telah diamanatkan di pasal 72 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dalam memudahkan mekanisme pelaporan orang asing” tambah Samadan.

‘Keimigrasian’ dalam UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian didefinisikan sebagai ‘hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara’. Dalam hal lalu lintas Orang Asing serta keberadaan dan kegiatannya di wilayah Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia menerapkan Kebijakan Selektif (selective policy). Esensi dari kebijakan ini merupakan landasan utama dari setiap peraturan Keimigrasian bagi Orang Asing, yaitu hanya Orang Asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

Penjamin (sponsor) bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang dijaminnya. Demikian halnya dengan Pemilik/Pengurus tempat penginapan atau perorangan yang berkewajiban untuk memberikan data mengenai Orang Asing yang menginap di tempat penginapan atau tempat tinggalnya. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Imigrasi meminta Pelaporan Orang Asing dari setiap Pemilik/Pengurus tempat penginapan dan perorangan yang memberikan kesempatan menginap bagi Orang Asing kepada Kantor Imigrasi setempat melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing ini dalam waktu 1×24 jam sejak Orang Asing tersebut mulai menginap.

Dalam Aplikasi Pelaporan Orang Asing ini, yang dimaksud dengan ‘tempat penginapan’ antara lain hotel, apartemen, mess perusahaan, losmen, guest house, villa, tempat kos, rumah kontrakan, dan jenis penginapan lainnya yang bersifat komersil atau merupakan fasilitas akomodasi milik perusahaan. Sedangkan yang dimaksud dengan ‘tempat tinggal’ adalah akomodasi milik perorangan yang bersifat nonkomersil selain jenis tempat penginapan sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Partisipasi dari pihak penyelenggara dalam hal ini pemilik/pengurus hotel/mess perusahaan/penginapan lainnya/perorangan yang memberikan tempat tinggal kepada orang asing tersebut sangat berarti bagi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat serta melindungi kepentingan nasional dan tegaknya kedaulatan negara. Tidak melaksanakan kewajiban untuk melaporkan dan memberikan data Orang Asing yang menginap di tempat penginapan atau di tempat tinggal diancam dengan dikenakan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak 25 (dua puluh lima) juta rupiah.

Implementasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing dalam proses/tata cara menggunakan aplikasi selanjutnya disampaikan oleh Dedi, Kasubsi Lalintuskim Kantor Imigrasi Kelas III Ketapang. (Tim Humas)

Total Viewer : 8
Hari ini : 0 Total: 12032

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *