Kepala Kantor Imigrasi Ketapang Catur Adi Putra mengikuti secara virtual acara Press Conference Refleksi Akhir Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat, Selasa (27/12/2022).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat Pria Wibawa menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalbar selama Tahun 2022 telah berkinerja sesuai dengan target kinerja yang telah ditentukan dengan tepat sasaran.

“Sesuai dengan target kinerja yang telah ditentukan kinerja pada Empat Divisi diantaranya Divisi Administrasi, Divisi Pemasyarakatan, Divisi Keimigrasian dan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM pada Kanwil Kemenkumham Kalbar. Hingga penghujung 2022 menorehkan pencapaian dan dampak yang positif. Kinerja selama hampir Tahun ini menjadi salah satu katalisator pendukung pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat dalam aspek Hukum dan HAM,” jelas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, Pria Wibawa.

Salah satu capaian positif berasal dari Divisi Keimigrasian melalui pelayanan Imigrasi yang terus
dioptimalkan setelah perbatasan Negara dibuka ke berbagai Negara, per tanggal 21 Desember 2022 seluruh Kantor Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar telah menerbitkan 117.007 paspor, angka tersebut meningkat 696% dari Tahun 2021 yang sebelumnya 14.701 paspor. Jumlah tersebut menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 49.097.550.000 atau 171% melebihi target yang ditentukan yakni 18.099.000.000.

Selain meningkatkan PNBP, Jajaran Divisi Keimigrasian juga mengimplementasikan layanan Eazy Passport yang diusung Direktorat Jenderal Imigrasi juga menjadi solusi
terbaik dalam melayani publik dimasa transisi pandemi dan pelayanan ramah HAM bagi masyarakat yang memerlukan paspor namun memiliki keterbatasan, seperti kesehatan.

“Kami jemput bola mendatangi langsung para pemohon paspor yang tidak dapat hadir langsung, seluruh Kantor Imigrasi kami kerahkan untuk turun langsung dengan layanan prima,” jelas Kakanwil.

Digelarnya kegiatan Refleksi akhir tahun ini sendiri dimaksudkan untuk mengevaluasi sekaligus mengulas capaian kinerja Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Barat selama tahun 2022. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini seluruh Jajaran ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat dapat termotivasi untuk berkinerja lebih baik lagi di tahun selanjutnya.

Total Viewer : 17
Hari ini : 0 Total: 20906

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *