Balai Pendidikan Dan Pelatihan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah menyelenggarakan Webinar tentang Pengelolaan Penanganan Pengaduan Pada Layanan Publik di Jajaran Kementerian Hukum dan HAM. Rabu (22/06/2022) Webinar ini diikuti oleh Pejabat/pegawai yang bertugas mengelola penanganan pengaduan di 10 Kantor Wilayah Kemenkumham beserta Unit Pelaksana Teknis dibawahnya.

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WIB, dimulai dengan laporan dari Kepala Badiklat Kemenkumham Jawa Tengah Kaswo S.Sos. M.A.P dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah yang diwakili oleh Kadiv Pemasyarakatan Supriyanto, Bc.IP., S.Pd. Badiklat Kemenkumham Jawa Tengah menghadirkan 2 narasumber yakni Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida, S.H, M.H dan Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Elyna Noor Dina Nazla.

Dalam paparannya Siti Farida menghimbau agar ada revolusi mental dan mindset penyelenggara pelayanan publik agar bekerja dengan professional, tidak melampaui wewenang atau menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari tujuan tersebut serta kelalaian dan pengabaian kewajiban hukum yang dapat menimbulkan kerugian materiil, immaterial bagi masyarakat dan/atau perorangan.

Senada dengan Siti Farida, Elyna Nazla menambahkan penyelenggara pelayanan publik jangan takut jika mendapat pengaduan karena dari pengaduan tersebut justru dapat meningkatkan kualitas dalam hal pelayanan publik. Elyna juga menegaskan Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat 60 hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap sesuai dengan Pasal 50 UU 25 Tahun 2009.

Diharapkan dengan adanya webinar ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik sehingga masyarakat tidak lagi memiliki krisis kepercayaan terhadap pemerintah tegas Muhammad Agus Ardiansyah, Asisten bidang pemeriksa laporan Ombudsman Jawa Tengah selaku moderator. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta dengan narasumber.

Total Viewer : 13
Hari ini : 0 Total: 16681

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.