Perkuat Pengawasan Keimigrasian di Perbatasan Negara, Kemenkumham Kalbar gelar Rapat TIMPORA Tingkat Provinsi


Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat terus berupaya memperketat pengawasan di wilayah Kalimantan Barat tidak hanya fokus kepada Warga Negara Asing (WNA) namun juga terhadap perlintasan Warga Negara Indonesia (WNI) di perbatasan negara, karena kejahatan-kejahatan transnasional saat ini banyak melibatkan WNI dengan memanfaatkan jalur-jalur perlintasan illegal.

Oleh karena itu pada Selasa (19/10/2021) digelar Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang bertemakan “Strategi TIM PORA Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka Pengawasan Keimigrasian di Batas Negara”.

Dalam acara tersebut hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang Catur Adi Putra sebagai peserta rapat Rapat TIM PORA, acara yang digelar di ruang Anggrek Ballroom, Hotel Ibis, Pontianak tersebut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Pejabat Struktural di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat serta seluruh Kepala UPT Keimigrasian di Kalimantan Barat.  

Rapat dibuka dengan sambutan dari Pamuji Raharja selaku Kepala Divisi Keimigrasian mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian dari Tim PORA salah satunya adalah terkait perlintasan illegal di wilayah perbatasan.

“Masih adanya perlintasan ilegal di wilayah perbatasan yang mana pelintas ilegal bukan hanya penduduk lokal perbatasan namun juga penduduk dari luar daerah.  Perlintasan ilegal ini mengarah pada kegiatan penyelundupan manusia (people smuggling) dan juga berpotensi terjadinya Tindak Pidana perdagangan Orang (TPPO) mengingat wilayah Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Negara Malaysia” ujarnya.

“Oleh sebab itu kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing khususnya di Provinsi Kalimantan Barat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mengawal dan menjaga kedaulatan negara di wilayah perbatasan negara” lanjutnya.

Terakhir beliau menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkomitmen dengan Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat dalam melakukan pengawasan terkait keberadaan dan kegiatan orang asing.

Total Viewer : 27
Hari ini : 0 Total: 11996

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *