Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Komjen Pol. Andhap Budi Revianto memimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke 74 di Lapangan Upacara Kementerian Hukum dan HAM Jalan H.R Rasuna Said Kav 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2022).

Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2022 ini mengusung tema Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku, konsep ini diangkat untuk meningkatkan sikap patriot setiap Warga Negara Indonesia, baik individu, kelompok, hingga seluruh komponen masyarakat dalam mempertahankan negara Indonesia. Di mana setiap warna negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam upaya membela negara.

Dalam sambutannya Andhap membacakan amanat Presiden Joko Widodo yang menyampaikan bahwa peringatan hari bela negara ke-74 tahun 2022 ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum oleh seluruh Warga Negara Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Peringatan Bela Negara ini dilatarbelakangi oleh peristiwa dibentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Kala itu, pada 19 Desember 1948, sistem pemerintahan Indonesia yang berpusat di Yogyakarta kembali jatuh pada tangan Belanda.

Karenanya untuk mengenang salah satu peristiwa penting kemerdekaan Indonesia ini, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dengan Keputusan Presiden No 28 Tahun 2006, menyatakan 19 Desember sebagai peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang mana hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan untuk mengingat perjuangan tokoh nasional dalam mempertahankan kemerdekaan dan sistem pemerintahan Indonesia yang mandiri.

Total Viewer : 9
Hari ini : 0 Total: 20904

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *