Ketapang – Jum’at (03/09/2021). Indonesia menyimpan banyak sejarah yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya berada di sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang namanya. Terdapat sebuah keraton atau istana kerajaan melayu yang didominasi dengan warna kuning dengan aksen warna hijau bernama Keraton Kerajaan Matan.

Mulanya, Kerajaan Matan bernama Kerajaan Tanjungpura yang merupakan kerajaan tertua di Kalimantan Barat yang berdiri sejak abad ke-8. Kerajaan Tanjungpura mengalami beberpa kali perpindahan pusat pemerintahannya. Pusat pemerintahan yang pertama terletak disebuah daerah bernama Negeri baru di Kabupaten Ketapang, lalu berpindah ke Sukadana yang terletak di Kabupaten Kayong Utara, selanjutnya pusat pemerintahan berpindah lagi ke daerah Sungai Matan yang terletak di Kabupaten Kayong Utara, pada tahun 1637 pusat pemerintahan berpindah lagi ke suatu daerah bernama Indra Laya yang berada di Kabupaten Ketapang, lalu yang selanjutnya ke pindah daerah Kartapura, lalu ke Desa Tanjungpura dan yang terakhir pidah ke lokasi saat ini yang berada di Mulia Kerta Kabupaten Ketapang. Perubahan nama dari Kerajaan Tanjungpura menjadi Kerajaan Matan terjadi pada abad ke-15 M, sejak Raja Sorgi (Giri Kusuma) memeluk islam.

Keraton ini beralamat di Jalan pangeran Kesuma Jaya Kelurahan Mulia Kerta Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Untuk mengujungi Keraton Matan ini dapat ditempuh selama 20 menit dari pusat kota. Selain untuk berwisata sejarah, kita juga dapat bersantai di taman kecil nan indah di tepian sungai pawan yang berada di seberang  Keraton Matan.

Total Viewer : 27
Hari ini : 0 Total: 17092

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.