Dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-73, Kantor Imigrasi Ketapang mengikuti acara Peringatan Hak Asasi Manusia yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan mengusung tema “EQUALITY – Reducing Inequalities, Advancing Human Rights”, Jumat (10/12/2021).

Acara yang diikuti secara virtual oleh Kepala Kantor Catur Adi Putra beserta jajaran pejabat struktural dan staff pegawai Kantor Imigrasi Ketapang di Ruang Aula tersebut dimulai pukul 13.30 WIB. Kegiatan berpusat di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta dan dihadiri secara langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly.

Pada acara tersebut Kemenkumham juga memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah atas upaya pelaksanaan program percontohan pelayanan publik berbasis HAM Tahun 2021 yang diberikan kepada 3 (Tiga) Kepala Daerah Provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Penghargaan juga diberikan kepada Pembina Pelayanan Publik berbasis HAM yakni 23 Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham dan 508 Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Diharapkan dengan kegiatan peringatan HAM ini dapat mengingatkan kita semua bahwa setiap manusia memiliki hak, kewajiban dan perlakuan yang sama. Selain itu juga sebagai penegas kembali pentingnya solidaritas global, kepedulian antar sesama, serta rasa kemanusiaan yang dapat kita rasakan untuk memperbaiki segala kehidupan.

Peringatan Hari HAM Sedunia diperingati setiap tahun pada 10 Desember.
Melansir United Nations, dipilihnya 10 Desember sebagai Hari HAM karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari diadopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (UDHR) pada tahun 1948 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi. UDHR merupakan dokumen tonggak sejarah yang menyatakan hak-hak setiap orang sebagai manusia tidak dapat dicabut tak peduli ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan sebagainya.

Total Viewer : 17
Hari ini : 0 Total: 17092

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.