Imigrasi Ketapang gelar Kajian Rutin di Bulan Suci Ramadhan dengan Tema Bersuci


Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang mengadakan kajian yang diikuti oleh pegawai Imigrasi Ketapang yang beragama Islam, bertempat di mushola kantor, kajian rutin di Bulan Suci Ramadhan digelar bersama Habib Abdurahman Al Idrus.

Mengangkat tema bersuci, dijelaskan oleh Habib Abdurahman Al Idrus bahwa bersuci dalam Islam dikenal dengan istilah thaharah. Ini adalah suatu kegiatan bersuci dari hadas dan najis yang menyebabkan seseorang diperbolehkan mengerjakan ibadah. Tata cara thaharah dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kadar hadas dan najisnya. Adapun cara thaharah untuk membersihkan hadas kecil dan besar menurut syariat Islam adalah sebagai berikut:

Mandi Wajib
Mandi wajib adalah salah satu bentuk thaharah yang dilakukan untuk menghilangkan hadas besar seperti haid, nifas, dan keluarnya sperma. Mandi wajib dilakukan dengan mengalirkan air ke seluruh tubuh dari ujung kepala hingga kaki.

Berwudhu
Thaharah dengan berwudhu dilakukan untuk menghilangkan hadas kecil ketika hendak melaksanakan sholat. Dalam Islam, wudhu termasuk ke dalam syarat sah pelaksanaan sholat.

Tayamum
Thaharah tayamum merupakan cara bersuci untuk menggantikan mandi dan wudhu apabila tidak menemukan. Syarat tayamum adalah menggunakan tanah yang suci dan tidak tercampur benda lain.

Dengan dilaksanakannya kajian, diharapkan Pegawai Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Ketapang dapat lebih meningkatkan pemahaman dalam bersuci dan meningkatkan ketaqwaan secara keseluruhan.
Kajian dilanjutkan dengan tadarus Bersama dimana Habib Abdurahman Al Idrus membimbing jalannya Tadurus.

Total Viewer : 33
Hari ini : 0 Total: 12033

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *